TIPS | 30 Aug 2022

Waktu yang Tepat Ganti Oli Mobil Daihatsu Berapa KM?

Sahabat tentunya sudah mengetahui jarak kilometer yang tepat untuk mengganti oli mobil. Untuk  melakukan penggantian oli, Sahabat bisa mengunjungi bengkel ganti oli mobil terdekat.

Biaya ganti oli mobil tidak terlalu mahal, namun lumayan juga untuk menghemat pengeluaran komponen mobil yang lain.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggantinya, sebaiknya simak tanda-tanda jika oli mobil sudah harus diganti. Dibawah ini ciri-ciri oli mobil Anda harus diganti :

1. Kualitas Oli Menurun

Salah satu cara untuk menilai waktu yang tepat mengganti oli mobil adalah berdasarkan kualitas atau kondisi oli.

Oli mobil yang masih baru akan memiliki tekstur yang licin, lengket dan warnanya bening. Sementara oli pada mesin yang sudah lama digunakan biasanya akan berubah warna menjadi coklat hitam keruh.

Perubahan warna pada oli mesin ini dikarenakan fungsi oli itu sendiri untuk membersihkan bagian permukaan pada dinding silinder.

Dinding silinder mudah terkena kerak, karbon akibat proses oksidasi. Oleh sebab itu oli bisa berubah warna menjadi hitam.

Oli yang berubah warna menjadi hitam bisa menjadi penanda bahwa sudah saatnya oli mesin diganti jika memang sudah digunakan dalam waktu lama dengan kondisi jalanan macet atau tanjakan. Namun apabila oli baru digunakan maka hal tersebut tidak bisa dijadikan penanda satu-satunya.

Baca Juga : Kapan Ganti Oli Gardan Mobil? Begini Cara Ceknya!

2. Akselerasi Mesin Terasa Berat

Ini merupakan salah satu penanda utama yang bisa menunjukkan bahwa sudah saatnya oli mesin untuk diganti. Ketika kualitas oli menurun, maka akan terjadi gesekan antara mesin yang semakin tinggi.

Hal ini akan membuat kinerja mesin terasa semakin berat karena mesin dipaksa untuk terus bekerja dalam kondisi yang tidak baik.

Sahabat akan merasakan perubahan pada kinerja mesin terutama saat Sahabat menginjak pedal pada gas. Meski pedal pada gas sudah diinjak namun akselerasi terasa lebih lambat.

3. Mesin Bergetar Lebih Besar

Saat kondisi mesin dalam keadaan putaran idle, Sahabat bisa mendengar adanya getaran yang sangat berat pada mesin mobil.

Mesin mobil bergetar ini menjadi tanda bahwa oli sedang bermasalah. Getaran ini akan terasa dan terdengar lebih keras ketimbang saat oli mesin mobil Sahabat sudah diganti. Oleh karena itu Sahabat sebaiknya lebih sensitif dalam mendengarkan suara getaran pada mesin mobil saat kondisi idle.

4. Suara Kerja Mesin Sangat Kasar

Untuk mendeteksi apakah suara kerja mesin lebih kasar bisa dilakukan ketika mobil baru saja dihidupkan. Sahabat bisa mendengarkan suara mesin mobil tersebut apakah lebih kasar ataukah tidak.

Oli yang sudah mendekati waktu penggantian maka akan menimbulkan getaran yang lebih tinggi dengan suara yang terkesan kasar ataupun berisik. Suara ini akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan saat awal oli mesin diganti.

Tips Ganti Oli Mobil Sendiri Dirumah

Diatas kita sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil. Sebenarnya, mengganti oli mobil ini bisa dilakukan sendiri dirumah. Jadi, Sahabat tidak perlu membawanya ke bengkel.

1. Tambah Oli Mesin Jika Levelnya Di Bawah Batas

Selain mengganti oli mesin mobil, oli mesin mobil juga harus ditambahkan apabila permukaannya berada di bawah dari level batas standar kendaraan.

Untuk memastikan waktu yang tepat dalam menambahkan oli mesin, Sahabat harus mengecek permukaan oli saat mesin kendaraan masih dalam kondisi dingin.

Jangan mengecek oli dalam keadaan mesin masih panas karena tentu permukaan oli mesin akan naik akibat adanya pemuaian.

Apabila oli mesin mobil berada kurang dari batas standar maka oli harus ditambah. Namun penambahan tidak boleh melebihi batas maksimal yang ditentukan. Pasalnya, penambahan yang berlebihan akan membuat putaran mesin makin melambat dan kinerja mesin turun.

Baca Juga : Efek Buruk Kebiasaan Telat Ganti Oli Mobil

2. Kuras Oli Mesin Mobil di Jarak 50 Ribu Kilometer

Saat oli mesin mobil diganti dengan cara biasa, sesungguhnya tidak semua oli yang lama akan terbuang saat baut dibuka. Jumlah oli yang akan keluar saat baut dibuka hanya sekitar tiga sampai empat liter saja.

Sementara jika dilakukan kuras oli mesin maka jumlah oli yang keluar bisa mencapai 10 sampai 12 liter. Pengurasan oli harus dilakukan setiap jarak 50 ribu kilometer sebelum kemudian memberi oli baru.

Ganti oli mobil harus dilakukan secara rutin untuk mencegah kerusakan mesin lebih lanjut. Pahami bahwa ada tiga macam oli mobil yang harus diganti secara rutin.

Mobil memiliki 3 jenis oli yakni oli transmisi (persneling), oli mesin serta oli gardan yang harus diganti secara rutin. Oli yang harus cepat diganti adalah oli mesin, kemudian oli transmisi dan terakhir oli gardan.

#astridodaihatsu #daihatsuastrido #daihatsu #astrido

DAIHATSU PROMO

DAFTAR CABANG

CIKARANG
Astrido Daihatsu Cikarang

Komplek Cikarang Square Jl. Boulevard Cikarang Square No. 1, Pasirsari, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530

JAKARTA BARAT
Astrido Daihatsu Daan Mogot

Jalan Daan Mogot Raya No. 234 RT. 13 / RW. 3, Wijaya Kusuma, Grogol petamburan, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460

Astrido Daihatsu Kebun Jeruk

Jl. Raya Pejuangan No. 22 Kedoya, Jakarta Barat, Jakarta, DKI Jakarta 11530

Astrido Daihatsu Kunir

Jalan Kunir No. 23 A, Taman Sari, Pinangsia, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Astrido Daihatsu Kamal

Jl. Lingkar Luar Barat No.1 Cengkareng, Jakarta Barat, Jakarta, DKI Jakarta 11730

JAKARTA TIMUR
Astrido Daihatsu Otista

Jl. Otista Raya No. 1 A Jakarta Timur, Jakarta, DKI Jakarta 13330

TANGERANG
Astrido Daihatsu Serpong

Jl. Raya Serpong Sutera Niaga IV No.1 Pakulonan, Serpong,Tangerang Selatan, Tangerang, Banten 15325

BANTEN
Astrido Daihatsu Cilegon

Jl.Lingkar Selatan No.88 Kp.Cigodag RT.004 RW.001 ,Harjatani Kramatwatu Kab, Cilegon

Whatsapp