TIPS | 10 Oct 2022

Simak Fungsi Oli Gardan Pada Kendaraan

Fungsi oli gardan adalah cairan pelumas yang bermanfaat untuk membuat komponen mesin menjadi licin dan tidak cepat rusak. Namun, oli gardan memang memiliki fungsi spesifik lainnya untuk kendaraan kesayangan. Jika sahabat menggunakan kendaraan dengan transmisi otomatis, sebaiknya ketahui beberapa fungsi oli gardan berikut ini:


1. Melumasi Gear Ratio

Fungsi oli gardan pada mobil ataupun motor yaitu untuk melumasi gear ratio. Mesin kendaraan dengan transmisi otomatis sangat bergantung pada fungsi gear ratio. Oleh karena itu, kinerja gear ratio perlu dijaga agar tidak rusak. Saat terjadi kerusakan pada bagian gear ratio, akan terjadi gesekan antarkomponen di dalam mesin.

Jika sudah rusak, tentu biaya perbaikannya akan lebih mahal ketimbang mengganti oli gardan. Jadi, pastikan untuk selalu mengganti oli gardan tepat waktu. Waktu ideal yang diperkirakan untuk mengganti oli gardan adalah saat mencapai jarak 6.000 – 8.000 km.


2. Menghindari Suara Bising dari Mesin

Gesekan pada komponen-komponen gear juga akan mengakibatkan gir transmisi rusak. Hal inilah yang kemudian menimbulkan suara bising dari kotak CVT. Selain berpotensi terjadinya kerusakan serius, pasti tidak nyaman jika sahabat harus mengendarai kendaraan yang suaranya bising, kan? Jadi, pastikan untuk selalu melakukan penggantian dengan rutin, ya.


3. Melapisi Komponen Transmisi

Bagi kendaraan roda empat dengan transmisi otomatis, oli gardan juga berfungsi untuk mengatur kecepatan perputaran roda. Jika fungsi gardan terganggu, seperti apa risiko yang akan terjadi? Kecepatan putaran roda bagian kanan dan kiri akan berputar dengan kecepatan sama, padahal diperlukan pengaturan kecepatan yang tepat jika kendaraan akan berbelok.

Hal ini tentu akan menjadi kekhawatiran banyak orang karena membelokkan kendaraan akan jadi hal yang krusial saat berkendara. Jika kendaraan tidak bisa belok dengan sempurna, bisa jadi akan terjadi kecelakaan fatal hanya karena sahabat lupa mengganti oli gardan tepat waktu, loh.

4. Mengurangi Gesekan Komponen Gardan

Saat kendaraan sedang digunakan, tentu akan terjadi gesekan antar komponen mesinnya, termasuk komponen gardan. Nah, oli dibutuhkan untuk meminimalisasi gesekan dinamis yang keras pada komponen gardan.

Ada potensi akibat yang fatal jika komponen gardan bergesekan terlalu keras. Penggunaan oli gardan dibutuhkan untuk menahan pergerakan dinamis yang. Dengan begitu, hasil perputaran dan jalannya kendaraan akan mulus dan tidak terhambat, deh.

5. Mencegah Terjadinya Overheat

Bagaimana jika sahabat lupa mengganti oli gardan? Bukan tidak mungkin, suhu gardan kendaraan akan macet. Jika hal ini terjadi, komponen gardan bisa memuai akibat peningkatan suhu yang terlalu tinggi atau mesin overheat.

Ya, oli gardan juga berperan penting pada proses pendinginan mesin gardan. Dengan begitu, performa kendaraan tidak akan terganggu dan tidak cepat rusak. Pastikan juga jangan sampai oli gardan habis sama sekali. Hal tersebut akan berbahaya karena komponen kendaraan bisa macet.

Kesimpulannya, sahabat yang punya kendaraan dengan transmisi otomatis perlu mengganti oli gardan secara rutin. Baik pada mobil atau motor matic, kendaraan akan tetap dapat digunakan dengan nyaman. Selain itu, sahabat juga bisa menghindari terjadinya kerusakan kendaraan yang bisa menghabiskan biaya mahal jika diperlukan perbaikan pada mesin.

#astridodaihatsu #daihatsuastrido #daihatsu #astrido #terios #daihatsuterios

DAIHATSU PROMO

DAFTAR CABANG

CIKARANG
Astrido Daihatsu Cikarang

Komplek Cikarang Square Jl. Boulevard Cikarang Square No. 1, Pasirsari, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530

JAKARTA BARAT
Astrido Daihatsu Daan Mogot

Jalan Daan Mogot Raya No. 234 RT. 13 / RW. 3, Wijaya Kusuma, Grogol petamburan, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460

Astrido Daihatsu Kebun Jeruk

Jl. Raya Pejuangan No. 22 Kedoya, Jakarta Barat, Jakarta, DKI Jakarta 11530

Astrido Daihatsu Kunir

Jalan Kunir No. 23 A, Taman Sari, Pinangsia, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Astrido Daihatsu Kamal

Jl. Lingkar Luar Barat No.1 Cengkareng, Jakarta Barat, Jakarta, DKI Jakarta 11730

JAKARTA TIMUR
Astrido Daihatsu Otista

Jl. Otista Raya No. 1 A Jakarta Timur, Jakarta, DKI Jakarta 13330

TANGERANG
Astrido Daihatsu Serpong

Jl. Raya Serpong Sutera Niaga IV No.1 Pakulonan, Serpong,Tangerang Selatan, Tangerang, Banten 15325

BANTEN
Astrido Daihatsu Cilegon

Jl.Lingkar Selatan No.88 Kp.Cigodag RT.004 RW.001 ,Harjatani Kramatwatu Kab, Cilegon

Whatsapp